erickstrad's Blog

~『 say hai dulu di blog yg baru』 ~

 

Kajian Web Usability – Part III (Analisis II)

 

1. Kajian Web Usability – Part I (Intro)
2. Kajian Web Usability – Part II (Analisis I)
3. Kajian Web Usability – Part III (Analisis II)
4. Kajian Web Usability – Part IV END (Kesimpulan)

Pada postingan ketiga kali ini, saya akan melanjutkan analisis / kajian mengenai situs / web janurtech.com yaitu mengenai :

  • Recognition rather than recall
  • Flexibility and efficiency of use
  • Aesthetic and minimalist design
  • Help users recognize, diagnose, and recover from errors
  • Help and documentation

6. Recognition rather than recall

Intinya adalah, buat pengguna untuk sedikit ‘thinking‘ dalam melakukan aksi tertentu, artinya suatu aksi yang berulang-ulang dapat dilakukan secara cepat.

Pada janurtech.com, saar mudah untuk me-recognize jalur-jalur navigasi yang ada, karena desain situs yang cukup monoton, search laptop by brand ada di sebelah kiri, cek harga ada di atas. Really easy to remember :)



7. Flexibility and efficiency of use

yup, intinya adalah efisiensi dari sistem itu dan sistem haruslah tidak kaku.


Pada janurtech.com ada 1 hal yang sangat sangat tidak saya sukai, menurutku sih :p
,yaitu untuk mengecek harga suatu produk/laptop, tidak ada pada halaman produk bersangkutan. Artinya, pengguna harus mengunjungi halaman khusus “Price list” untuk mengecek harga suatu laptop. Hal ini cukup mengurangi fleksibilitas situs ini.

8. Aesthetic and minimalist design

Yang lebih ditekankan disini adalah masalah design website yang tepat, sesuai proporsinya dan tentunya nyaman untuk dilihat pengguna. Serta hilangkan sesuatu yang tidak relevan dan buat attention pengguna menjadi lebih kuat pada situs.


Pada janurtech.com dan karena saya tahu bahwa situs tersebut dibangun dengan CMS joomla yang punya keterbatasan, ya tidak masalah :p

Tetapi jika dikaji seobyektif mungkin, ada space kosong pada situs yang seharusnya bisa dihindari, misalkan dengan menerapkan konsep paging pada konten sebelah kanan.

9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors

Intinya adalah tampilkan pesan error (jika ada error) kepada pengguna dengan bahasa yang baik, bukan bahasa error pada komputer atau syntax error message, dan bantu pengguna dengan menawarkan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi error tersebut.


Pada situs janurtech.com, ketika pengguna ingin login dan ternyata ada kesalahan, notifikasi error akan muncul tetapi letaknya terlalu jauh dengan dari mana error tersebut berasal sehingga pengguna harus mencari-cari apa yang terjadi pada situs.

setelah scroll down baru terlihat pesan error nya :

10. Help and documentation

Sangat disayangkan di situs janurtech.com tidak disediakan help ataupun documentation. Jika ingin menanyakan tentang situs ataupun produk pada situs, alternatif solusinya adalah menghubungi customer service janurtech.com.




Demikian analisis singkat dari saya, yuk lanjut ke part IV untuk melihat kesimpulan :p
 

No Responses to “Kajian Web Usability – Part III (Analisis II)”

 

Leave a Reply