erickstrad's Blog

~『 say hai dulu di blog yg baru』 ~

 

Kajian Web Usability – Part II (Analisis I)

 

1. Kajian Web Usability – Part I (Intro)
2. Kajian Web Usability – Part II (Analisis I)
3. Kajian Web Usability – Part III (Analisis II)
4. Kajian Web Usability – Part IV END (Kesimpulan)

Pada postingan kedua kali ini, saya akan langsung memulai analisis / kajian mengenai situs / web janurtech.com yaitu mengenai :

  1. Visibiity of system status
  2. Match between system and the real world
  3. User control and freedom
  4. Consistency and standards
  5. Error Prevention

1. Visibility of system status

Intinya adalah, sistem harus selalu bisa untuk menginformasikan tentang apa yang terjadi saat itu. Pada web janurtech.com ketika sedang mengunjungi brand pada menu yang disediakan, tidak ada pembeda antara ketika sedang berada di brand “Acer”, “Alienware”, dan brand-brand lain. Pengguna hanya terbantu pada title bar yang ada pada browser karena pembeda terlihat hanya dari title bar tersebut.



2. Match between system and the real world

Intinya adalah sistem harus berusaha ‘bertutur kata seramah mungkin’ dengan pengguna. Artinya apa ? artinya bahasa-bahasa komunikasi yang digunakan pada situs harus yang familiar terbaca oleh pengguna.


Pada situs janurtech.com bahasa yang digunakan adalah seolah-olah pengunjung situs mereka benar-benar mengerti apa yang ingin mereka beli, sehingga yang ditampilkan hanyalah brand laptop, spesifikasi. Tidak ada saran-saran yang ditawarkan kepada pengguna. Selain itu, disediakan fitur Yahoo Messenger untuk berkomunikasi langsung dengan customer service mereka.

3. User Control and freedom

Jangan pernah halangi pengguna ! berikan navigasi yang benar-benar memberikan kebebasan pengguna untuk surfing pada situs.


Pada janurtech.com, navigasi sangat terbatas, hanya sebatas pada brand laptop, info harga per hari dan contact yang bisa dihubungi. Sangat efektif karena memang task dari pengguna / pengunjung tidak akan jauh-jauh dari ingin membeli atau mengecek harga :D

4. Consistency and standards

Intinya adalah pengguna tidak harus bingung akan suatu kata-kata, situasi yang berbeda tetapi menunjukkan aksi yang sama.


Pada janurtech.com, kata-kata atau situasi sudah cukup konsisten dengan bahasa Inggris, tetapi apakah target pasar janurtech.com sampai pada pasar luar negri ? jika tidak, sebaiknya menggunakan bahasa lokal saja, bahasa Indonesia :D

5. Error Prevention

Sistem akan meng-handle atau bisa menangani atau sekalipun mencegah error yang ada.


Pada situs janurtech.com tidak ada security code seperti captcha pada saat registrasi ataupun mengirimkan komentar.





Sekian dulu, lanjut ke postingan ketiga biar tidak terlalu panjang :p
stay tuned ^^
 

No Responses to “Kajian Web Usability – Part II (Analisis I)”

 

Leave a Reply